SMART TECHNOLOGY IN A TECHNOLOGY CLASSROOM

KOMENTAR MENGENAI
SMART TECHNOLOGY IN A TECHNOLOGY CLASSROOM DI MI MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Statistik Pendidikan dan Komputer
Dosen Pengampu: Prof. Dr. Budi Murtiyasa





Disusun Oleh:

Denisa Yudha Pertiwi
Q100160092
Kelas I B


MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016
KOMENTAR MENGENAI
SMART TECHNOLOGY IN A TECHNOLOGY CLASSROOM DI MI MUHAMMADIYAH KARANGANYAR
Berdasarkan resume jurnal “Smart Technologies in A Technology Classroom” bahwa teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Merupakan suatu strategi/konsep sekolah yang berbasis teknologi yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Penggunaan teknologi pendidikan mencakup suatu sistem yang terintegrasi membantu bidang pendidikan dalam menjalankan tugas/fungsi masing-masing dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik. Pada dasarnya, penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan adalah untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Tujuan utama teknologi dalam pembelajaran adalah: 1. Untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; 2. Untuk meningkatkan kinerja.
Penggunaan teknologi dalam konsep sekolah pintar dapat terlihat dari beberapa hal. Teknologi berbasis internet dapat digunakan dalam membangun media komunikasi sekolah. Informasi dan sosialisasi program sekolah ke pihak orang tua dapat dilakukan lewat website. Dari sisi guru, pengelolaan administrasi lebih mudah dilakukan. Misalnya, penulisan, penyusunan maupun perencanaan rencana pembelajaran dapat dibandingkan dengan rencana pembelajaran guru-guru lain yang tergabung dalam komunitas pendidikan. Memasukan nilai siswa juga bisa dilakukan secara online dan data tiap guru dapat disimpan di server sekolah dengan menggunakan jaringan LAN. Begitu juga dengan agenda online siswa yang dapat diakses melalui multi platform. Komunikasi antar guru dan siswa juga semakin mudah dengan adanya sosial media, seperti Facebook, Blog, Line dan WhatsApp yang menghubungkan guru dengan siswa tanpa mengenal waktu dan tempat. Selain itu manfaat penggunaan teknologi juga bertujuan untuk menghemat pemakaian kertas (paperless), penyampaian informasi lebih cepat dan lebih mudah didapat, keterampilan menggunakan teknologi terasah dan kinerja sekolah dan individu lebih baik.
Teknologi Pintar yang telah dikaji juga diterapkan salah satunya di MI Muhammadiyah Karanganyar. Berikut data jumlah pengguna Smart Technology/Teknologi Pintar di MI Muhammadiyah Karanganyar tahun 2016/2017:
NO PELAJARAN MENGGUNAKAN SMART TECHNOLOGY
YA TIDAK
1. Akidah Akhlak √
2. Al-Quran Hadist √
3. Fikih √
4. Bahasa Arab √
5. Bahasa Indonesia √
6. Matematika √
7. PKn √
8. IPA √
9. IPS √
10. Bahasa Inggris √
11. Bahasa Jawa √
12. Penjas √
13. Seni Budaya √
14. TIK √
15. Pengembangan Diri √
JUMLAH PENGGUNA 9 6
Tabel Jumlah Pengguna Teknologi Pintar di MI Muhammadiyah Karanganyar tahun 2016/2017
Dari tabel tersebut diketahui jumlah pengguna teknologi pintar di MI Muhammadiyah Karanganyar adalah 9, sedangakan jumlah yang tidak menggunakan Teknologi pintar berjumlah 6. Untuk itu, dibutuhkan pembiasaan, pelatihan dan metode mengajar yang inovatif dan mengikuti perkembangan zaman, agar tidak buta teknologi serta dapat memudahkan pengajaran. Selain itu juga dapat meningkatkan kerja/kinerja dan tidak tertinggal dengan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Flickr Images

Like us on Facebook